Tag

, ,


Pepaya hijau atau mentah telah digunakan sebagai obat jerawat selama berabad-abad. Efektivitas pepaya untuk mengatasi jerawat dapat diukur dengan hasil positif dari pengguna yang mempunyai problem jerawat setelah hanya dalam beberapa kali pemakaian. Pepaya memiliki kemampuan untuk membuang sel-sel kulit mati agar membersihkan pori-pori yang tersumbat. Papain yang ditemukan dalam pepaya, merupakan enzim yang sangat efektif dalam mengurangi peradangan dan mampu melembutkan kulit.

Penggunaan pepaya untuk tujuan pengobatan sudah dilakukan sejak pertengahan abad ke 14 diberbagai daerah terutama di Amerika, Eropa dan Asia.  Cara mengatasi jerawat dengan buah-buahan adalah alternatif yang populer sebagai pengganti obat-obatan klinis.

Manfaat pepaya sebagai pencegahan berasal dari sifat pembersihan pada jaringan kulit, yang mampu menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat merangsang kulit baru yang lebih segar. Dengan membersihkan pori-pori wajah, pepaya mencegah munculnya jerawat. Untuk mengatasi jerawat yang sudah ada, enzim papain sangat baik untuk memberantas jerawat dengan memecah unsur-unsur racun. Bila rutin dikonsumsi, maka enzim papain juga memberi keuntungan untuk mengurangi peradangan dari jerawat yang ada. Pepaya mengandung beta-karoten, bila dimakan akan memberi manfaat sebagai antioksidan yang membantu dalam memproduksi sel-sel kulit yang sehat.

Tidak semua orang yakin bahwa menggunakan pepaya untuk mengatasi jerawat adalah alternatif sehat yang alami. Karena belum ada bukti ilmiah dalam pemanfaatan pepaya untuk memerangi jerawat, maka beberapa orang menganggap hal itu sebagai rekaan semata – meskipun lezat – tapi hanya buang-buang waktu saja. Sedangkan efektivitas penggunaan pepaya untuk pengobatan jerawat, terutama dengan memakannya, menjadi subyek perdebatan. Namun begitu banyak penelitian dan testimonial yang telah membuktikan keberhasilannya.

Sebagai aplikasi topikal untuk mengatasi jerawat, pengguna dapat menjadikan pepaya sebagai facial wajah. Facial wajah juga dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat. Facial bisa dilakukan di salon namun bisa juga facial wajah sendiri di rumah

Caranya adalah oleskan masker pepaya dan biarkan selama 10 sampai 15 menit. Bagian berdaging dari pepaya, dapat dijadikan sebagai masker wajah, dan bermanfaat sebagai agen anti-mikroba. Hal ini dapat membantu mengurangi jerawat yang disebabkan oleh infeksi bakteri penyebab jerawat. Papain, enzim protein – yang mudah larut, sangat efektif untuk memecah protein, sehingga sering digunakan untuk melumatkan daging. Papain juga sering digunakan sebagai salah satu bahan terkemuka di dalam lotion dan krim anti-kerut.