Tag


Cara mencegah dan mengatasi komedo adalah dengan melakukan perawatan rutin harian dan eksfoliasi rutin setiap 1 atau 2 minggu. Anda sebetulnya bisa melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan produk perawatan kulit dan alat yang tepat.

Seperti diketahui, wajah mempunyai banyak sekali pori-pori. Pori-pori ini merupakan pintu dari folikel di bawah permukaan kulit. Kelenjar minyak yang ada di dalamnya akan terus menerus menghasilkan minyak (sebum) dan keluar menuju permukaan kulit. Folikel menghasilkan material yang disebut dengan keratin. Selain keratin, bakteri juga dapat ditemukan di dalam folikel.

Setiap saat material-material ini bergerak menuju celah pori-pori. Selama pori-pori dalam keadaan terbuka, material ini tidak memberikan efek negatif bagi kulit. Namun, apabila kulit tersumbat oleh kulit mati, maka jerawat dan komedo akan kemudian terbentuk.

Komedo terdiri dari 2 jenis, yaitu blackhead dan whitehead. Anda dapat mencegah dan mengobati dua jenis komedo ini di rumah. Whiteheads terbentuk ketika minyak terjebak di bawah lapisan kulit mati. Komedo blackhead terbentuk ketika minyak terjebak lalu teroksidasi. Oksigen bertanggung jawab untuk warna gelap ini. Penggunaan kosmetik dan sentuhan benda ke wajah (tangan, handphone dll), bertanggung jawab terhadap terbentuknya komedo.

Cara Mencegah dan Menghilangkan Komedo

Pengelupasan lembut adalah langkah terbaik untuk mencegah terbentuknya komedo blackheads dan whiteheads. Hal ini berlaku baik untuk usia muda dan tua. Jika kulit anda sensitif (mudah gatal-gatal dan merah-merah), anda masih dapat melakukan pengelupasan. Namun hindari melakukan gosokan yang terlalu keras di daerah yang teriritasi. Kulit yang lebih tua juga perlu pengelupasan kulit, tetapi pastikan untuk menggunakan metode yang tidak terlalu membuat kulit menjadi kering.

Untuk menghindari komedo, maka semua jenis kulit membutuhkan pelembab dan kosmetik berlabel non-comedogenic. Ini berarti produk tersebut tidak rentan terhadap penyumbatan pori-pori. Bahkan di usia muda, kulit membutuhkan pelembab. Pilih salah satu yang diberi label sebagai bebas minyak dan non-comedogenic. Walaupun sebagian besar cleanser adalah jenis comedogenic. Oleh karena itu, gunakan peeling scrub sebagai pengganti cleanser anda.

Perawatan blackhead dan whitehead dimulai dengan pengelupasan kulit. Pengobatan topikal dapat digunakan untuk mengeringkan daerah yang terlalu berminyak. Jika anda memiliki kulit matang, menggunakan perawatan pengeringan hemat.

Pore packs dapat anda pertimbangkan untuk menghilangkan komedo. Pore packs akan mengikat dengan baik. Namun harus juga diperhatikan bahwa pore packs dapat mengiritasi kulit sensitif.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi komedo:

1. Komedo dapat diatasi dengan Benzoil peroksida dan / atau asam salisilat.

2. Disarankan menggunakan obat isotretinoin untuk komedo yang lebar.

3. Antibiotik seperti tetrasiklin dan eritromisin juga disarankan.

4. Terapkan jus lemon dan air mawar dengan takaran yang sama, dan oleskan dengan bola kapas. Biarkan selama setengah jam dan cuci.

Apa pun yang anda lakukan, jangan memegang, memeras, atau memencet komedo. Karena akan mengakibatkan kulit menjadi merah-merah dan menimbulkan peradangan. Bila belum matang, biarkanlah terlebih dahulu. Tetapi jika anda harus mengekstraknya, maka gunakanlah alat yang tepat untuk meminimalkan kerusakan pada kulit di sekitarnya. Alat terbaik untuk digunakan adalah komedo ekstraktor stainless steel. Menggunakan alat ini membantu mencegah peradangan, dan bisa sepenuhnya melepaskan sumbatan di pori-pori. Namun pastikan untuk membersihkan alat sebelum dan setelah digunakan agar meminimalkan kemungkinan menyebarnya bakteri.

Setelah sebum diekstrak, yang sebaiknya dilakukan adalah mengobati pori-pori kosong dengan sabun ringan atau krim pelembab. Tujuannya adalah menghilangkan kemerahan serta mencegah komedo lebih lanjut.

Dengan langkah-langkah sederhana, anda bisa berada di jalan yang tepat untuk memiliki kulit yang sehat.

Jangan tertipu dengan harus membeli produk perawatan kulit yang mahal untuk menjaga wajah sehat. Faktanya adalah bahwa 90% dari semua masalah kulit dapat diselesaikan dengan teknik sederhana dan murah di rumah. Namun apabila anda mengalami kesulitan, maka cara klinis menghilangkan komedo patut untuk dipertimbangkan.