Tag

, ,


Mengobati kulit berminyak bisa sangat sulit. Tentunya Anda menginginkan kulit yang bersih, dimana orang lain bisa dengan mudah mendapatkannya, tapi untuk beberapa alasan hal tersebut sulit dilakukan karena kulit Anda selalu berminyak. Anda bahkan mungkin telah mencoba berbagai obat jerawat yang lain dan memiliki hasil yang mengecewakan.  Jenis kulit Anda mungkin membutuhkan perlakuan khusus, dan Anda harus memenuhi kebutuhan tersebut untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

Apa Penyebab Kulit Berminyak ?

Beberapa orang hanya dilahirkan dengan kulit berminyak. Lainnya mengalami peningkatan keberminyanyakan kulit mereka ketika mencapai usia remaja. Masa puber ini dikenal karena kecenderungan untuk jerawat, tetapi beberapa bisa lebih buruk daripada yang lain. Beberapa orang mungkin memiliki kulit berminyak sebelum masa remaja membuat kondisi kulit mereka buruk. Atau, mungkin sekarang tahu bahwa jika Anda memiliki kulit berminyak maka Anda lebih mungkin untuk memiliki masalah yang berhubungan dengan jerawat.

‘Minyak’ pada kulit diproduksi oleh kelenjar sebaceous, dan minyak ini disebut sebagai sebum. Hal ini penting untuk dicatat, karena beberapa dari Anda akan sudah tahu, bahwa Anda tidak hanya memiliki kelenjar ini di wajah. Mereka juga hadir di leher, dada, punggung, kaki, lengan, dan daerah tubuh lainnya, tetapi kelenjar di beberapa daerah kulit lebih aktif daripada yang lain.

Salah satu bagian tubuh yang paling terpengaruh oleh produksi minyak ini adalah hidung. Pori-pori yang ada di hidung lebih besar dan pori-pori tersebut membantu untuk menyebarkan sebum ke hidung dan seluruh wajah. Hidung adalah tempat di mana kelebihan minyak dengan mudah dapat diproduksi, dan kemudian minyak yang dapat terbentuk. Peningkatan produksi minyak dapat dengan mudah menyebabkan masalah dengan jerawat, di samping lebih umum yaitu menyebabkan ‘komedo’. Disamping tentunya kulit kusam.

Masa remaja

Selama masa remaja masalah ini bisa menjadi lebih buruk. Masa remaja adalah periode ketika jumlah androgen, atau hormon seks, meningkatkan dalam tubuh. Kenaikan ini kemudian memicu kelenjar sebaceous untuk meningkatkan produksi minyak, yang, pada gilirannya, menyebabkan prevalensi terkenal jerawat dan peradangan lainnya.

Problem lain dari kulit yang berminyak biasanya adalah pori-pori besar.

Obat Jerawat

Ada beberapa cara menghilangkan jerawat yang dapat anda lakukan. Pertama dengan krim topikal. Kedua dengan obat jerawat yang diminum.

Sebenarnya, kotoran dan minyak tidak langsung akan menyebabkan jerawat. Namun mereka alam menyumbat pori-pori dan menjadi tempat terbaik untuk berkembang biaknya bakteri. Idealnya, Anda harus mencuci kulit Anda dua kali sehari untuk membersihkan kelebihan minyak. Sebuah krim mencuci sederhana dapat melakukan ini untuk Anda, tetapi Anda perlu menemukan produk pembersih yang tidak akan mengeringkan kulit Anda terlalu banyak, dan jika Anda dapat menemukan scrub yang bagus atau exfoliator maka Anda dapat membuang sel-sel kulit mati pada saat yang sama.

Anda juga sebaiknya menghindari produk kosmetik berbasis minyak. Bahan komedogenik dapat membuat situasi yang buruk buruk. Demikian pula, Anda harus berhati-hati dengan lotion atau pelembab. Mereka juga dapat menambah masalah yang terkait dengan kulit berminyak. Silahkan baca artikel mengekstrak komedo untuk cara penanganan yang benar.

Pengobatan jerawat untuk kulit berminyak bukanlah hal yang mudah. Anda harus menemukan metode yang tepat untuk menghilangkan cukup minyak di kulit Anda tanpa terlalu mengeringkan. Terlalu banyak minyak dapat memblokir pori-pori dan memperburuk jerawat, tapi tidak cukup dapat membuat masalah sendiri. Menemukan keseimbangan yang tepat akan membantu Anda untuk menikmati kulit yang bersih, bahkan jika itu agak berminyak. Perlakuan yang keliru terhadap jerawat dan komedo akan mengakibatkan flek hitam yang akan sangat mengganggu di kemudian hari. Tips menghilangkan flek hitam sering kali membutuhkan kombinasi beberapa metoda. Diantaranya bahkan sangat mahal.

Obat Jerawat Yang Diminum

Antibiotik oral telah digunakan untuk mengobati jerawat selama bertahun-tahun. Seperti antibiotik topikal, antibiotik oral bekerja dengan mengurangi jerawat Propionibacteria (bakteri yang bertanggung jawab untuk jerawat). Mereka juga membantu mengurangi peradangan kulit. Pasien biasanya dimulai pada dosis tinggi dan pindah ke dosis yang lebih rendah sebagai jerawat membaik. Antibiotik oral yang digunakan untuk mengobati jerawat sedang sampai berat, atau jerawat persisten.
Antibiotik oral yang paling umum diresepkan untuk perawatan jerawat adalah:

  • eritromisin
  • minocycline
  • doxycycline
  • tetrasiklin

Hanya beberapa pil KB yang telah disetujui sebagai pengobatan jerawat oleh FDA, termasuk:

  1. Ortho Tri-Cyclen
  2. Estrostep
  3. Yaz